Mengenal GenRe, Gerakan Generasi Remaja yang Berencana


StudioTangkas - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memunculkan program GenRe alias Generasi Berencana. Program ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada remaja Indonesia agar menjadi generasi yang punya perencanaan kehidupan yang matang.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan program dan rencana pelayanan kepada masyarakat berganti seiring perubahan fokus. Inilah yang melatarbelakangi dibentuknya GenRe yang membidik remaja dan generasi muda di bawah 40 tahun.

"Sekarang kita [BKKBN] tugasnya kependudukan, Keluarga Berencana, kesehatan reproduksi, pembangunan remaja. Jadi yang akan kita tekankan pada remaja yaitu kesehatan reproduksi dan pembangunan keluarga," ujar Hasto.

Melalui GenRe, remaja diedukasi soal usia ideal menikah minimal 21 tahun untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki.

"Dengan pendewasaan usia ini, generasi muda Indonesia mampu membentuk generasi mendatang yang unggul dan sehat--menempuh pendidikan tinggi, mengembangkan karier, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi."


STUDIO TANGKAS adalah Agen Tangkas Online, Agen Poker Online, Agen Poker GLX
Dapatkan BONUS CASHBACK TANGKAS 10% UNLIMITED



Sementara itu, Duta GenRe 2019 Teliana Juwita mengatakan Program GenRe dibuat untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

"Genre mengajak generasi muda untuk punya perencanaan kehidupan berkeluarga. Sebelum memutuskan berkeluarga, pasti banyak tahap yang harus dilalui, misalnya merencanakan pendidikan, berkarier," ujarnya.

Teli pun mengajak remaja untuk menolak 3 hal yang bisa menghambat masa depan remaja, yaitu seks pranikah, pernikahan dini, dan narkoba.

"Zero tolerance terhadap 3 hal. Seks sebelum menikah, selain dosa ada risiko yang mungkin bisa dihadapi misal infeksi menular seksual, HIV, rentan berganti pasangan. Kemudian pernikahan dini, usia menikah itu penting karena harus sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi, siap secara finansial, dan fisik; serta menjauhi narkoba," ujar Teli.

Dengan mampu melewatkan tiga hal tersebut, generasi muda dapat melewati 5 transisi kehidupan, yakni memperhatikan pola hidup sehat, merencanakan pendidikan, mengembangkan karier, punya value di masyarakat, dan bisa merencanakan kehidupan berkeluarga.



Posted by Studio Tangkas
Studio Tangkas | Agen Tangkas Online Indonesia

WhatsApp : +855 935 89 168

Comments

Popular posts from this blog

STUDIO TANGKAS - Judi Online Terpopuler Tahun 2020 di Indonesia

Mahalini Tersingkir dari Babak Top 5 Indonesian Idol X

7 Cara Memanfaatkan Kopi Sisa